Berita
Trending

Prestasi Ganjar Pranowo Selama Menjadi Gubernur Jawa Tengah

Sahabat Ganjar – Selama menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah meninggalkan warisan kepemimpinannya yang bisa dinikmati oleh warga Jawa Tengah. Dibalik segudang Prestasi Ganjar, Sahabat Ganjar telah menganalisa setiap keberhasilan program kerja Ganjar Pranowo.

Berikut adalah sederet Prestasi Ganjar Pranowo selama menjadi Gubernur Jawa Tengah :

A. Program Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Program-program dalam pengelolahan UMKM unggulan dari Ganjar Pranowo diantara lain:

  1. Hetero Space
    Program ini bertujuan memberi fasilitas seperti ruang kerja, akses ke sumber daya, pelatihan, dan mentoring dari para ahli bisnis bagi pelaku UMKM, serta memberikan akses ke jaringan dan komunitas bisnis.
  2. Lapak Ganjar
    Program ini bertujuan untuk memberikan tempat usaha, pelatihan dan pendampingan bisnis,edukasi pemasaran produk serta pameran produk. Tercatat sudah ada 2.932 pelaku usaha yang telah tergabung dalam program ini.
  3. Belanja Produk Lokal
    Bertujuan mendorong masyarakat Jawa Tengah untuk lebih mengenal dan membeli produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku UMKM melalui promosi, penyediaan platform online, dan mendorong institusi pemerintah dan swasta untuk menggunakan produk lokal. Ganjar Pranowo juga meningkatkan jumlah pelaku UMKM 86.917 dengan fasilitas listrik 24 jam untuk warga kepulauan karimunjawa.
  4. Pabulalon
    Program yang diupayakan Ganjar Pranowo untuk mempromosikan kearifan lokal dan budaya Jawa, seperti membangkitkan 120 kelompok seni tradisi desa, kerajinan, kuliner, serta objek wisata seperti membangkitkan 818 desa wisata yang ada di daerah Jawa Tengah termasuk UMKM lokal.
  5. Renovasi Pasar Tradisional
    Ganjar Pranowo telah membangun kembali dan merenovasi 79 pasar tradisional yang tersebar di seluruh Jawa Tengah.
  6. Kredit usaha rakyat
    Jawa Tengah telah menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp.55,27 triliun.

B. Program Peningkatan Kesejahteraan Petani

Ganjar Pranowo dianugerahkan Gelar Tanda Kehormatan Satya Lencana Pembangunan dan Wira Karya pada tahun 2023 karena berhasil menjalankan program peningkatan kesejahteraan petani di Jawa Tengah. Selain itu Jawa Tengah juga meraih penghargaan peringkat ke-2 nasional dalam hal produksi beras dan hortikultura.

  1. Kartu Tani
    Program yang dipelopori Ganjar Pranowo bertujuan untuk mewujudkan pendistribusian, pengendalian, dan pengawasan pupuk subsidi, kepada para petani yang berhak, serta mendata identitas petani terkait apa yang ditanam dan penjadwalannya.
  2. Subsidi Bunga dan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)
    Program ini berhasil dalam memberikan perlindungan kepada petani dari ancaman resiko gagal panen sebagai akibat dari resiko banjir, kekeringan, serangan penyakit dan oraganisme pengganggu tanaman.
  3. Sadulur Pitu
    Mendorong masyarakat untuk gotong royog dalam berbagai hal, mulai dari pertanian, perikanan, perkebunan, kerajinan, hingga pelayanan kesehatan dan pendidikan, dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal budaya seperti kebersamaan, kejujuran, dan keterbukaan.

C. Program Pembangunan Infrastruktur

Ganjar Pranowo telah berbagai infrastruktur antara lain Tol Trans Jawa, Jalan Nasional, dan Provinsi sepanjang 10.942 KM, serta pembangunan jembatan. 1135 embung desa juga telah dibangun oleh pemerintahan Jawa Tengah guna memberikan kebutuhan air yang cukup kepada masyarakat.

Terdapat pula program pengembangan pelabuhan, bandara, transportasi umum, dan jaringan internet serta peningkatan kualitas air. Ganjar Pranowo juga membangun 42.181 jamban bersih untuk warga miskin di Jawa Tengah.

D. Program Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat

Dalam program kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, Ganjar Pranowo memiliki program-program yang sukses digelar di antara lain:

  1. Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng)
    Program ini berfokus kepada ibu hamil yang telah berhasi menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), angka stunting dari 37% pada 2013 mnjadi 19,9% pada 2021.
  2. Jo Kawin Bocah
    Pencegahan stunting melalui edukasi sisi negatif pernikahan dini yang membatasi pertumbuhan fisik serta prospek masa depan anak. Program ini menurunkan angka kematian ibu dari 602 kasus pada tahun 2016 menjadi 475 pada tahun 2017.
  3. Jogo Tonggo
    Gerakan yang mengedepankan partisipasi aktif warga untuk saling menjaga dari penularan Covid-19. Program ini memiliki dua cangkupan seperti pengamanan sosial dan keamanan , serta jaring ekonomi.
  4. Pembangunan pusat kesehatan masyarakat
    Ganjar Pranowo telah membangun 71 Puskesmas yang tersebar di seluruh Jawa Tengah.

E. Program Peningkatan Kualitas Pendidikan

Terdapat 5 Program pendidikan yang telah diimplementasikan oleh Ganjar Pranowo, diantaranya adalah:

  1. Kartu Jateng Cerdas
    Memberikan bantuan dana pendidikan sejumlah 1 Juta rupiah per tahun bagi siswa-siswi miskin di Jawa Tengah.
  2. Jateng Mengajar
    Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di pedesaan dengan mendatangkan guru-guru profesional yang akan mengajar di desa selama satu tahun.
  3. Jateng Edukasi
    Bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jawa Tengah dengan memberikan pelatihan kepada guru dan tenaga pendidik. Pelatihan tersebut mencangkup pembelajaran inovatif dan berbasis teknologi.
  4. Sekolah Layak Huni
    Bertujuan memperbaiki kondisi seolah-olah tidak layak dengan merenovasi bangunan sekolah, toilet, sarana dan prasarana. Selain itu Ganjar Pranowo juga telah meningkatkan kesejahteraan guru honorer dengan menganggarkan Rp.144,19 Miliar guna menaikan gaji guru honorer sesuai dengan UMK Jawa Tengah. Ganjar Pranowo juga telah membangun 5 SMKN gratis bagi warga miskin dan 15 SMK Boarding Scholl khusus siswa miskin pertama di Indonesia.

F. Program Pengembangan Energi Terbarukan

Dalam program pengembangan energi terbarukan, Ganjar Pranowo memiliki program yang telah berhasil di Jawa Tengah, diantara lainnya:

  1. Pembangunan PLTS Atap
    Diluncurkan pada tahun 2016 dengan target 100.000 rumah tangga di Jawa Tengah yang menggunakan energi listrik dari panel surya. Program ini bertujuan mengurangi mahalnya biaya listrik dan meningkatkan akses listrik di pedesaan.
  2. Pemanfaatan Sampah untuk Energi
    Diluncurkan pada tahun 2018, bertujuan memanfaatkan sampah sebagai sumber energi melalui pembangunan fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik dan bahan bakar alternatif seperti biogas dan bioetanol.
  3. Program Energi Mikro Hidro
    Diluncurkan pada tahun 2016 dengan target 1000 desa di Jawa Tengah yang menggunakan energi listrik dari sumber energi mikro hidro. Bertujuan untuk meningkatkan akses listrik di daerah pedesaan yang sulit dijangkau oleh listrik PLN. Ganjar Pranowo telah sukses mewujudkan 2.300 desa mandiri energi yang tersebar diseluruh Jawa Tengah.
  4. Program Energi Biomassa
    Merencanakan Program pengembangan energi biomassa di Jawa Tengah. Program ini telah menghasilkan energi dari limbah pertanian seperti sekam padi dan ampas tebu yang dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif untuk pembangkit listrik.

G. Program Konservasi Lingkungan

Prestasi ditorehkan dalam program konservasi lingkungan yang dimana Ganjar Pranowo menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari kementrian Lingkungan Hidup kehutanan atas prestasinya menangani permasalahan lingkungan. Adapun program yang telah sukses yanag dijalankan oleh Ganjar Pranowo seperti:

  1. Program Perhutanan Sosial
    Mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan terlantar untuk kegiatan perhutanan sosial, guna membantu menjaga keberlanjutan hutan dan lingkungan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  2. Penghijauan dan perluasan hutan lindung
    Bertujuan menghijaukan lahan kritis dan kawasan gundul, serta melakukan perluasan hutan lindung untuk melindungi lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati.
  3. Program Peduli Sampah
    Bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dengan melakukan pengelolahan sampah yang baik, seperti dengan daur ulang dan pengompsan.
  4. Program Listrik Bersih
    Bertujuan mendrong penggunaan energi terbarukan sebagai sumber energi allternatif yang ramah lingkungan, seperti energi surya, energi angin, dan energ air.

H. Pemerintahan yang berintegeritas

Provinsi Jawa Tengah telah dinobatkan menjadi provinsi paling berintegritas versi KPK tahun 2020 dan 2021, serta Juara Umum antikorupsi KPK tahun 2019 dan 2020. Ganjar Pranowo telah menyelamatkan uang negara sebesar 1 triliun lewat E-Budgeting.

Prestasi Ganjar Pranowo ini dirangkum oleh Sahabat Ganjar agar khalayak umum bisa membaca dan memahami bahwa Ganjar sangat cocok untuk meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi.

Silahkan bagikan artikel ini kepada siapapun agar mereka tahu Prestasi Ganjar sangat banyak.

Admin

Follow on social media // Twitter : @sahabatganjar // Instagram : @sahabatganjar2024

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button