BeritaBerita GanjarJawa TengahUmum

GANJAR AJAK MASYARAKAT INDONESIA LIBURAN NATARU DI DALAM NEGERI

SAHABAT GANJAR – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengajak kepada seluruh masyarakat agar melakukan liburan di dalam negeri pada libur nataru 2022. Sosok yang identik dengan rambut putih ini menyerukan “Ayo Piknik Dalam Negeri”, seusai menjadi pembicara Launching 100 Paket Wisata Nusantara (Pak Wisnu) di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta, Senin (5/12).

Hal itu untuk mendukung upaya Presiden RI Joko Widodo dalam memajukan dunia wisata tanah air.

Launching dilakukan lamgsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Pak Wisnu merupakan upaya menggenjot wisatawan dalam negeri untuk berlibur ke Indonesia saja. Di masing-masing provinsi untuk mengikutsertakan tiga paket wisata unggulannya.

Hal itu juga menjadi penunjang untuk memenuhi target pergerakan wisatawan mencapai 1,4 miliar orang pada 2023. Target tersebut meningkat dari sebelumnya, dengan 700 juta orang pergerakan wisatawan nusantara tahun 2022.

Tiga paket wisata Jawa Tengah yang masuk dalam daftar Pak Wisnu sendiri ada Wisata Religi Ziarah Walisongo, One Day Tour Solo Jeep Adventure and Shopping serta Private Trip Mountain Merbabu.

“Senang, saya bisa diajak diskusi dan mempromosikan tiga masing-masing di provinsi, sebagai satu destinasi untuk wisata lokal. Pak Wisnu, paket wisata nusantara,” ujar Ganjar.

Ditambahkan, Jawa Tengah dipastikan mengambil peran dalam hal ini, yakni dengan berkolaborasi dengan daerah lain. Ia mencontohkan wisata religi ziarah Walisongo.

“Tentu kita tidak stand alone, Jateng. Tapi kita berkolaborasi dengan tempat yang lain. Maka, tadi kita tawarkan, umpama yang religi, sunan-sunan yang ada. Mulai dari Cirebon, Jawa Tengah, sampai Jawa Timur satu paket,” terang Ganjar.

Menurut Ganjar, itu merupakan kebangkitan dunia wisata tanah air.

“Jadi kita bangun optimisme. Dan beberapa waktu lalu Pak Presiden bilang ‘Pikniknya di dalam negeri dong,” tegas Ganjar.

Untuk saat ini, kata Ganjar, baru tiga paket wisata yang masuk dalam Pak Wisnu. Tugas daerah adalah membantu mempromosikan ke masyarakat.

“Sekarang kita coba kembangkan, dan hari ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memfasilitasi kita yang ada di daerah, untuk bisa mempromosikan,” imbuh Ganjar.

Namun, sarana prasarana yang lain juga perlu diperhatikan. Misalnya, fasilitas umum di lokasi wisata.

“Pesannya tadi yang bagus, eh awas ya toiletnya yang bersih, awas ya sampahnya. Ini menurut saya jadi perhatian kita,” tutur Ganjar.

Ditambahkan, adanya Pak Wisnu tersebut menjadi bagian semangat liburan Natal dan Tahun Baru.

“Jadi, menurut saya, ini bagian dari kita menyemangati menjelang libur Nataru, piknik di Indonesia saja,” tandas Ganjar.

Admin

Follow on social media // Twitter : @sahabatganjar // Instagram : @sahabatganjar2024

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button