Berita Ganjar

PEKERJA ASAL JATENG DAPAT BSU, GANJAR PRANOWO PRIORITASKAN 3 HAL

SAHABAT GANJAR –  Menteri Ketenagakerjaan memastikan sebanyak 939.232 pekerja di Provinsi Jawa Tengah mendapatkan bantuan subsidi upah (BSU) total senilai Rp 563.539.200.000.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan rancangan APBD Perubahan (APBD P) 2022 diprioritaskan untuk bantuan sosial dan bantuan kepada kabupaten/kota.

“Data BSU tahun 2022 berasal dari BPJS Ketenagakerjaan, yang selanjutnya Kemenaker melakukan skrining data dengan Kemensos, Kemenko Perekonomian, Kemenkop UKM dan BKN,” kata Kemenaker.

Ganjar menyampaikan pembahasan rancangan APBD P 2022 diprioritaskan dalam tiga hal. Pertama, terkait dampak penyesuaian harga BBM.

Kebijakan tersebut harus disikapi dengan bijak sehingga pengalihan subsidi BBM ke berbagai bantuan lebih tepat sasaran dan memberikan manfaat kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Mari hitung betul dampak dari kenaikan BBM ini agar kita bisa merespons persoalan masyarakat. Daya belinya dijaga, inflasinya dijaga. Sektor, subsektor, dan kelompok sasarannya musti jelas. Saya minta betul karena ini juga menjadi PR nasional kita,” kata Ganjar.

Kedua, terkait cuaca yang tidak baik serta kondisi dunia yang sedang bergejolak, Ganjar juga menggarisbawahi agar pertanian harus diperhatikan dan disiapkan serius. Karena, beberapa komoditas yang termasuk volatile food juga sangat mempengaruhi inflasi dalam beberapa bulan terakhir.

Ketiga adalah terkait proporsionalitas bantuan kepada kabupaten/kota. Menurut Ganjar, pemberian bantuan tambahan 2022 akan terdistribusi kepada 21 kabupaten/kota.

Mempertimbangkan kebutuhan daerah, maka tidak menutup kemungkinan bantuan itu dapat dialokasikan kepada 14 kabupaten/kota lain secara proporsional.

“Khususnya kabupaten yang miskin harus kita prioritaskan, karena sekali genjot bisa dapat banyak hal. Pengendalian dampak kenaikan BBM, pengendalian inflasi termasuk penurunan angka kemiskinan,” ungkap Ganjar.

Admin

Follow on social media // Twitter : @sahabatganjar // Instagram : @sahabatganjar2024

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button