BeritaBerita GanjarJawa TengahKegiatanKunjunganLokalUmum

GANJAR WASPADAI CUACA EKSTREM PADA JUNI DAN JULI TAHUN INI

SAHABAT GANJAR – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghimbau kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah agar mengantisipasi cuaca ekstrem yang segera menghampiri.

Selain itu, masyarakat diharapkan lebih waspada akan potensi banjir. Karena, di beberapa daerah pantura dilanda bencana banjir.

Ganjar menyampaikan himbauan tersebut saat sedang melakukan kegiatan pelayanan encegahan dan kesiapsiagaan bencana, latihan gabungan (latgab) relawan, penanggulangan bencana tahun 2022 di Kudus, Kamis (9/6).

“Juni-Juli ini di pertengahan akan ada cuaca ekstrem, maka mesti hati-hati, wabil khusus yang ada di Pantura, karena informasi BMKG itu,” kata Ganjar.

Ganjar meyakini para relawan dalam kondisi siap. Dalam dua hari ini, mereka mempersiapkan diri dengan latih gabungan. Dari latgab ini, Ganjar menyatakan para relawan bisa berbagi pengalaman dalam penanganan bencana.

“Hari ini kreatif, kapal rusak saja bisa mengapung lagi anti bocor. Ternyata dalamnya dikasih busa, itu kreatif, ini cara-cara yang bisa dipakai,” ujar Ganjar.

Dalam latihan gabungan juga dipamerkan sejumlah inovasi, seperti kekuatan desa yang bisa digerakkan. Mulai mengolah makanan, limbah, UMKM, termasuk pengelolaan sampah yang dijadikan energi jadu BBM.

“Jadi, BPBD atau relawan ini punya spektrum bekerja yang jauh lebih luas. Kalau kita latih terus, kita dampingi terus, siaga terus, maka mereka akan siap diterjunkan,” kata Ganjar.

Ganjar Pranowo juga sempat menantang para relawan. Tantangan yang diberikan adalah untuk membantu pemerintah yang akan membuat sumur resapan di rumah yang berada di wilayah rawan bencana.

“Bukan di bawah, tetapi di atas. Setelah kita bicara dengan para ahli, terkait kondisi banjir yang banyak, sekarang kita lagi menyiapkan untuk mendesain. Kalau ada yang membuat dua-tiga di atas maka sebenarnya banyak sekali usaha-usaha atau ikhtiar yang bisa kita lakukan di samping reboisasi,” ujar Ganjar.

Admin

Follow on social media // Twitter : @sahabatganjar // Instagram : @sahabatganjar2024

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button