Aksi SosialBakti SosialBantuanInovasiJawa TengahKegiatanLokalUmumViral

KARENA GANJAR, WARGA SAMIN SUDAH TIDAK LAGI KESULITAN AIR BERSIH

SAHABAT GANJAR – Program dan bantuan Ganjar Pranowo kali ini mempermudah masyarakat di Jawa Tengah. Hal tersebut dirasakan Warga Sedulur Sikep Samin Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora. Karena, mereka saat ini sudah tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih.

Ganjar memberikan bantuan dengan membuat tower jaringan air bersih di desanya. Bantuan yang diberikan, disalurkan melalui dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu Warga Sedulur Sikep Samin Klopoduwur bernama Mbah Laisyo mengungkapkan, bantuan yang diberikan Ganjar berupa tower jaringan air tersebut mempermudah warga untuk mendapatkan air bersih.

“Sekarang sudah dibuatkan tower dibantu oleh Pak Gubernur, air bisa mengaliri Sedulur Sikep Samin. Di sini ada 73 kepala keluarga atau rumah,” ujar Mbah Laisyo.

Menurutnya, tower air ini mempermudah warga untuk memenuhi kebutuhan air untuk kegiatan sehari hari, seperti memasak, minum dan mandi.

“Sekarang tidak bingung soal air. Di sini warga punya kambing, tiap rumah ada tiga minimal. Ternak itu juga butuh air pagi dan sore. Kalau dikatakan, warga Sedulur Sikep Samin sekarang mewah soal air. Saya rasakan pemerintah sudah mau membantu,” lanjut Mbah Laisyo.

Mbah Lasiyo menceritakan, sebelum mendapat bantuan pembangunan tower jaringan air, warga kesulitan mendapat air bersih, karena terletak di hutan jati yang tanahnya cukup gersang. Warga harus menempuh jarak empat kilometer untuk mengambil air menggunakan jeriken. Pada era 1970, warga berjalan kaki membawa peralatan tradisional.

“Dulu sebelum dibuatkan tower air sama Pak Gubernur, kalau mau ambil air itu jaraknya empat kilometer ke embung. Dulunya jalan kaki, sampai tahun 1980-an baru ada sepeda motor. Dan, sekarang air sudah mengalir ke rumah masing-masing,” ungkap Mbah Laisyo.

Namun, setelah bantuan pembangunan tower jaringan air telah selesai dikerjakan, warga hanya butuh putar kran di rumahnya, air pun mengalir mudah, dan tidak lagi kekurangan air bersih.

“Terima kasih Pak Ganjar sudah membantu sedulur yang paling sederhana, dan peduli kepada kami yang dulunya dianggap jelek. Sedulur Sikep Samin dulu kan dianggap jelek. Tapi jelek gambarnya, yang penting hatinya baik,” tutur Mbah Lasiyo.

Admin

Follow on social media // Twitter : @sahabatganjar // Instagram : @sahabatganjar2024

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button